Trik Belajar Matematika yang Menyenangkan dan Bikin Pintar

By: Alef Indonesia 15 Jan 2022

Pernahkah kamu mendengar kata – kata atau bahkan mungkin kamu sendiri berpikir seperti ini: “Susah banget belajar matematika!” atau “gak suka lah belajar matematika, gak seru!”.  Memang belajar matematika itu awalnya sulit terutama bila belum mengerti caranya. Tetapi sadar atau tidak, kita sering menggunakan matematika dalam keseharian kita, seperti saat kita jajan, membantu ibu membuat kue, ataupun sekedar saat kita hendak memotong pizza dengan ukuran yang sama. Masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa kamu sebutkan.

Ini menjadikan matematika salah satu ilmu yang perlu kamu kuasai. Apapun cita-cita kamu kelak, karena hampir di semua jurusan perkuliahan, kamu akan tetap bertemu dengannya. Namun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena belajar matematika sebenarnya tidak akan terasa susah jika mengerti prinsip dan triknya. Dengan memahami prinsip serta triknya, maka belajar matematika jauh dari kata susah dan malah membuat matematika menjadi pelajaran yang menarik.

Bagaimana caranya? Selain mencari bank soal matematika lalu mengerjakan semua soal tersebut, ada kalanya kamu harus coba cara belajar matematika yang baru yang jauh lebih menyenangkan. Yang pasti, bisa bikin mindset kamu berubah tentang matematika.

Trik Menyenangkan Belajar Matematika 

Ada tiga tips belajar matematika yang bisa kamu lakukan.

  • Cari Sumber Belajar yang Menarik 

Ini yang bisa kamu lakukan saat di rumah. Daripada kamu browsing hal-hal yang kurang bermanfaat, ada baiknya kamu gunakan gadget kamu untuk mencari sumber belajar matematika yang menyenangkan.

Jangan hanya mengandalkan buku dari sekolah sebagai satu-satunya sumber belajar matematika. Kamu juga perlu cari referensi lainnya. Misalnya saja kamu mencari sumber belajar yang menyediakan video pembelajaran yang berbentuk animasi. Jelas ini jauh lebih menarik, bukan?

Di mana mendapatkan sumber belajar matematika semacam itu? Kamu bisa mendapatkan video pembelajaran matematika berbentuk animasi di Platform Alef. Ini merupakan platform yang menyediakan video-video pembelajaran matematika untuk siswa tingkat MTs/SMP kelas 7 dengan metode GASING (Gampang, Asyik dan Menyenangkan). Setiap bab di pelajaran matematika dijelaskan melalui video animasi yang menarik. Penjabarannya pun sangat mudah dipahami sehingga materi matematika yang terdengar sulit bisa kamu pahami dengan lebih mudah.

  • Main Game Edukasi Matematika

Alih-alih cari game yang gak karuan, kenapa kamu gak cari game matematika saja? Game akan membuat kamu lebih senang dan tertarik dalam belajar matematika. Tidak seperti ketika kamu mengerjakan soal matematika biasa di mana kamu terasa terbebani. 

Meskipun demikian, bukan berarti kamu bebas memilih game apa saja. Pastikan game matematika yang kamu mainkan itu sesuai dengan bab matematika yang sedang kamu pelajari di kelas. Selain itu, game tersebut harus mampu mempertajam pemahaman kamu tentang sebuah bab di pelajaran matematika yang diajarkan di kelas seperti misalnya game menyusun balok bilangan, teka-teki matematika atau sebagainya.

Game semacam itu juga bisa kamu dapatkan di Platform Alef. Jadi, setelah kamu belajar dari video animasi yang ada di platform tersebut, kamu bisa lanjut bermain game yang sesuai dengan bab yang baru saja kamu pelajari. Menarik, bukan?

  •  Cari Tantangan Baru Setiap Hari 

Untuk bisa terus memacu semangatmu, tentunya tantangan yang sama tidak cukup. Kamu perlu terus berkembang dan untuk itu kamu bisa meningkatkan kesulitan game yang kamu kerjakan. Memang cukup sulit mencari permainan dan video yang terstruktur tingkat kesulitannya di internet.  Kalau kamu ingin yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan Platform Alef dan tinggal mencari dan memilih banyak bab di sana.

  • Dapatkan Lingkungan Belajar yang Cukup Kondusif untuk Belajar. 

Lingkungan belajar yang kondusif bukan berarti harus mewah. Cukup bersih, aman dan tidak berisik. Dengan suasana belajar yang kondusif maka sel-sel syaraf kita akan ikut mau terpengaruh belajar matematika.

  • Dapatkan Teman Belajar yang Baik dan Membantu.

Dengan mendapatkan teman belajar yang baik, punya semangat positif  dan suka membantu maka kita akan punya rekan untuk diskusi ketika kita menghadapi kesulitan.

  • Jangan Malu Bertanya Kepada Guru Baik di dalam Kelas maupun di luar Kelas.

Dengan kita bertanya kepada guru, kita akan mendapatkan jawaban atas ketidaktahuan kita atau keraguan kita akan pengetahuan yang sudah kita dapatkan dari guru. Sehingga pelajaran yang baru saja kita dapatkan akan tersimpan dalam memori kita dalam waktu yang cukup lama. Jangan lupa, sebenarnya guru itu orang tua kita juga lho yang tidak perlu kita takuti, jadi bertanyalah sebanyak-banyaknya kepada mereka.

Tertarik untuk mengakses Platform Alef? Caranya mudah. Kamu cukup menghubungi kepala sekolah/madrasah dan guru matematika kamu untuk meminta kode akses di alef.co.id atau Alef Success Coach wilayahmu. Setelah memiliki akses, gurumu akan mengirim link undangan, dan kamu bisa langsung merasakan pengalaman belajar matematika secara luring dan daring yang lebih seru! Kamu bisa mulai belajar matematika melalui video animasi yang sudah disediakan serta memainkan game yang tidak hanya menyenangkan tapi juga membuat kamu lebih pintar.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Mengenali Apa Itu Learning Loss dan Resiko yang Ditimbulkan

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7