• ALEF
    EDUCATION
    INDONESIA

Ekspansi
Internasional

Pada bulan November 2020, Alef Education menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia yang memberikan akses platform pembelajaran digital kami kepada madrasah-madrasah di bawah naungan mereka.

Hibah tersebut memberikan akses kepada hingga 500.000 siswa kelas 7 di madrasah di Indonesia, dimulai bulan Juli tahun ini, yang juga merupakan awal tahun ajaran mereka. Ekspansi ini merupakan bagian dari rencana pertumbuhan global Alef Education, dengan Indonesia menjadi pintu masuk di Asia.

Bottle

TENTANG
MADRASAH INDONESIA

Madrasah adalah satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dan kejuruan dengan kekhasan Agama Islam. Madrasah-madrasah ini menyajikan tidak hanya mata pelajaran agama Islam, melainkan mata pelajaran umum.

Dalam rangka mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat Berkelas Dunia, Kementerian Agama bekerja sama dengan Alef Education untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika dan kemampuan siswa dengan mengakses platform pembelajaran digital bertenaga AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

Selain meningkatnya hasil belajar Matematika, diharapkan melalui digitalisasi pendidikan motivasi siswa untuk belajar secara keseluruhan juga lebih baik melalui kerja sama antara Alef Education dan Kementerian Agama selama satu tahun kedepan yang penerapannya akan dimulai pada bulan Juli.

LINGKUP
KONTEN DIGITAL

Konten digital yang akan ditawarkan adalah Matematika Kelas 7 dan terkait erat dengan kurikulum pendidikan Indonesia dengan rencana untuk diperluas ke Kelas 8 & 9 selama dua tahun ke depan. Mata pelajaran lebih lanjut akan ditambahkan ke platform digital pada waktunya. Konten tersebut akan mencakup campuran video pendek, permainan, dan penilaian, yang semuanya dirancang untuk menjadi sangat menarik dan interaktif bagi siswa. Untuk desain konten Matematika, metode GASING akan digunakan sebagai dasar pembelajaran.

Metode GASING dirancang untuk mendukung pengembangan keterampilan Matematika dengan menjadikan Matematika menyenangkan, mudah dan menyenangkan (slogannya ‘Gampang, Asyik, dan Menyenangkan' atau "GASING"). Dengan membuat Matematika menyenangkan, siswa akan lebih termotivasi untuk mempelajari keterampilan Matematika yang penting untuk mempersiapkan mereka menghadapi ujian akhir.

Metode GASING mengembangkan penguasaan melalui tiga tahap pengembangan keterampilan: konkrit, abstrak, dan mencongak. Pada tingkat 'konkrit', siswa mengeksplorasi konsep dasar. Pada tingkat 'abstrak', contoh konkret diubah menjadi simbol Matematika abstrak. Pada tingkat 'mencongak', siswa belajar memecahkan masalah tanpa alat bantuan. Ini merangsang pemrosesan mental kedua belah otak. Area perkembangan ini meningkatkan perkembangan keterampilan afektif, psikomotor, dan kognitif. Metode GASING mendukung siswa menjadi lebih percaya diri, kreatif, dan berpikir kritis untuk membantu mereka sukses di masa depan.

DUKUNGAN
ALEF EDUCATION

Alef Education memiliki pengalaman luas dalam mengimplementasikan program digital, terutama di UEA di mana kami telah meluncurkan program ke semua sekolah umum dari Kelas 5 hingga 12. Pengalaman ini akan digunakan untuk memastikan siswa, guru, kepala sekolah, dan pemangku kepentingan lainnya mendapat dukungan yang baik.

Top Banner