Tips agar Kamu 100% Siap Menghadapi Ujian Matematika

By: Alef Indonesia 24 Feb 2022

Sering merasa tidak percaya diri saat menghadapi ujian matematika? Hal itu tidak akan lagi kamu rasakan jika kamu mempersiapkan diri dengan baik. Karena pada dasarnya ketidaksiapan kamu itulah yang membuat kamu tidak percaya diri. Hingga akhirnya, ketidakpercayaan diri itulah yang menjadikan kamu gagal dalam ujian. 

Tidak hanya persiapan. Kamu juga perlu tahu apa yang perlu kamu lakukan saat di kelas mengerjakan ujian matematika. Bisa saja kamu sudah mempersiapkan dengan matang. Namun, saat hari H, kamu tiba-tiba down dan tidak bisa mengerjakan soal matematika dengan baik.

Untuk itu, dua hal yang sama-sama harus kau lakukan, yaitu persiapan yang matang sebelum ujian dan kesiapan saat mengerjakan ujian.

Persiapan Matang Sebelum Menghadapi Ujian Matematika

Persiapan sebelum ujian itu sangat penting. Bahkan, persiapan ini sangat menentukan kesuksesan kamu saat ujian nanti.

Lalu, persiapan apa yang harus kamu lakukan? Yang pertama, tentu saja kamu harus mempersiapkan diri agar kamu benar-benar paham soal matematika yang akan diujikan. Jadi, kamu harus lebih sering mengerjakan soal matematika sesuai dengan bab yang akan diujikan.

Latihan soal ini seharusnya kamu lakukan setidaknya 2 atau 3 minggu sebelum ujian. Matematika tidak hanya tentang rumus yang harus kamu hafalkan tapi juga pemahaman konsep. Karena dengan memahami konsep, kamu akan lebih mudah mengerjakan soal matematika yang rumit sekalipun. Untuk bisa memahami konsep, kamu perlu lebih sering latihan mengerjakan soal.

Kamu bisa mencari buku bank soal. Atau kamu bisa memanfaatkan Platform Alef. Ini merupakan platform belajar matematika untuk MTs/SMP kelas 7 yang lengkap. Ada video pembelajaran dan juga soal-soal latihan. Berbagai jenis soal dengan level kesulitan yang berbeda bisa kamu dapatkan. Kamu bisa latihan mengerjakan soal dari platform tersebut.

Agar bisa mengakses platform ini, kamu bisa menghubungi guru matematika yang mengajar di kelas. Guru matematika akan menghubungi pihak Alef dan mendapatkan kode akses. Kemudian, kamu akan mendapatkan link untuk bisa mengakses semua materi matematika dan bank soal matematika di platform tersebut.

Persiapan yang kedua adalah persiapan kesehatan. Jangan sampai kondisi kesehatan kamu kurang bagus. Maka dari itu, hindari belajar sistem kebut semalam. Karena semakin sering kamu belajar hingga larut malam, kamu berisiko mengalami masalah kesehatan sehingga kamu justru tidak siap saat ujian matematika tiba.

Akan lebih baik jika kamu terus meningkatkan kesehatan sebelum ujian dilaksanakan. Olahraga rutin seperti jogging, bersepeda, atau lari bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan. Ketika tubuh sehat, pikiran juga lebih fresh. Kamu lebih siap untuk menghadapi ujian.

Tips Saat Sedang Mengerjakan Ujian Matematika 

Ketika kamu sudah melakukan persiapan dengan baik, setidaknya kamu sudah 80% sudah siap mengerjakan soal. Tinggal kamu sempurnakan dengan menerapkan tips saat mengerjakan soal matematika berikut ini:

1. Kerjakan Soal yang Mudah Lebih Dahulu 

Saat membuka lembar soal, kamu bisa mencari nomor soal matematika yang mudah. Kerjakan soal yang kamu benar-benar bisa kerjakan. Dengan mengerjakan soal yang lebih mudah, kamu akan mendapatkan kepercayaan diri untuk bisa mengerjakan soal yang lebih sulit.

Berbeda jika kamu mengerjakan soal sesuai urutan dan ternyata soal-soal di nomor-nomor paling awal itu sulit. Kamu akan down dan semakin pesimis untuk mengerjakan soal yang lainnya.

2. Pahami Soal dengan Baik 

Saat mengerjakan soal, jangan terburu-buru. Baca soal dengan baik. Pahami soal sehingga kamu tahu apa yang harus kamu lakukan atau rumus apa yang harus kamu gunakan untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Cara ini sebaiknya kamu lakukan agar kamu bisa mengerjakan ujian matematika dengan lebih efektif.  

3. Review Kembali Jawaban Kamu 

Ketika kamu sudah mengerjakan semua soal matematika, jangan langsung kumpulkan soal dan jawaban lalu kamu keluar dari kelas. Jika masih ada waktu, sebaiknya kamu review kembali semua jawaban yang sudah kamu pilih. Terutama kamu review nomor soal yang menurut kamu tidak begitu yakin jawabannya.

Yang pasti, jangan terburu-buru meninggalkan bangku. Cek lagi sebelum kamu menyerahkan soal dan jawaban ke guru kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Semoga kamu sukses dalam ujian matematika. 

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Mengenali Apa Itu Learning Loss dan Resiko yang Ditimbulkan

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7