Mengenal Seperti Apa Soal AKM Matematika Kelas 7 agar Semakin Siap

By: Alef Indonesia 29 Jan 2022

Kamu sekarang kelas 7 MTs/SMP? Jika ya, kamu harus mulai mengenal tentang soal AKM matematika kelas 7. Memang AKM ini akan dilaksanakan pada kelas 8 nanti, namun akan lebih baik jika kamu mengenal model soalnya di saat kamu masih berada di kelas 7. Jadi, saat kamu sudah di bangku kelas 8 dan kamu menghadapi AKM, kamu tidak kebingungan. Kamu sudah siap untuk sukses dalam AKM.

Yang pasti, AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum bukan jadi patokan apakah kamu bisa melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK. Penerapan AKM sebenarnya lebih ditujukan untuk mengumpulkan bahan evaluasi sejauh mana kualitas pendidikan kamu. Jika kualitasnya kurang bagus, maka guru masih punya waktu sekitar 1,5 tahun lagi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitasmu sebagai anak didiknya. Itulah sebabnya AKM ini diselenggarakan di semester awal kelas 8. 

Inti dari Soal AKM Matematika 

Ada tiga aspek yang dinilai melalui AKM, yaitu literasi, numerasi, dan karakter. Dalam hal ini, banyak yang menganggap numerasi itu tidak jauh beda dengan matematika. Memang ada benarnya. Namun, jelas ada perbedaan antara soal matematika di UN dengan soal numerasi di AKM. Pada soal numerasi di AKM, soal disajikan berupa cerita sehingga kamu harus menalar atau memahami cerita tersebut terlebih dahulu. Baru kemudian kamu bisa menemukan rumus matematika yang tepat untuk mendapatkan jawaban atas soal AKM tersebut.

Dari model soalnya jelas berbeda. Begitu juga dengan tujuannya. Soal numerasi AKM itu bertujuan tidak hanya menilai kemampuan siswa dalam hal hafalan rumus matematika tapi juga bagaimana siswa memahami soal. Sebelum mengerjakan soal, siswa harus membaca soal. Siswa harus menangkap apa masalah yang harus dipecahkan dalam soal tersebut baru kemudian memformulasikan sebuah rumus matematika untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan di soal tersebut.

Jadi, setidaknya terdapat dua skill yang dibutuhkan ketika kamu mengerjakan soal AKM matematika MTs/SMP kelas 7. Yang pertama, kemampuan menalar soal. Kedua, kemampuan berhitung. Inilah yang bisa membuat beberapa siswa merasa kesulitan. Faktanya tidak demikian, kebanyakan siswa hanya belum terbiasa untuk mengerjakan soal dengan model seperti ini. Itu saja. Itulah mengapa kamu harus bersiap-siap sejak kamu masih ada di bangku MTs/SMP kelas 7. Semakin dini kamu melakukan persiapan, maka kamu akan lebih mudah untuk sukses saat mengerjakan soal AKM.

Ciri dari Soal AKM Matematika atau Numerasi Tingkat MTs 

Agar kamu lebih mengenal soal AKM, ada tiga hal yang menjadi ciri dari soal AKM matematika. Apa saja itu?

  1. Soal Mengandung Cerita

Tidak seperti soal matematika di UN yang biasanya hanya berupa angka tanpa serangkaian alur cerita, soal matematika di AKM itu berupa rangkaian cerita. Cerita yang digunakan itu lebih sering  berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan ini, diharapkan kamu akan mendapati bahwa matematika merupakan hal yang dekat dengan kehidupan kamu sehari-hari.

      2. Logika Lebih Diutamakan

Ini berhubungan dengan poin yang pertama. Soal matematika AKM lebih menonjolkan pada logika. Oleh sebab itu hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami soal lalu mencari tahu apa yang jadi masalah dan bagaimana logika yang tepat untuk menyelesaikan masalah dengan rumus matematika yang tepat.

      3. Berhitung

Ini yang terakhir, yaitu berhitung. Setelah kamu memahami soal cerita dan mengetahui inti permasalahannya. Langkah selanjutnya adalah mencari rumus yang tepat sesuai dengan soal. Di saat inilah kamu mulai menghitung sesuai dengan data-data yang sudah disajikan dalam soal.

Itulah model soal AKM matematika MTs/SMP kelas 7. Untuk mempersiapkan diri sedini mungkin, kamu bisa mengakses Platform Alef dari Alef Education.  Platform Alef merupakan platform digital yang akan mempermudah kamu dalam memahami dan mengerjakan latihan soal AKM matematika. Di dalam platform ini, kamu akan mendapatkan banyak sekali soal-soal matematika sesuai dengan AKM. Setiap materi matematika MTs/SMP kelas 7 juga dijelaskan melalui video animasi yang menarik dan mudah dipahami. Tentu persiapanmu menghadapi AKM di kelas 8 akan lebih menyenangkan dan efektif bersama dengan Platform Alef.

Bagaimana cara agar kamu bisa segera mengakses platform ini? Caranya mudah. Cukup beritahu guru matematika atau kepala madrasah/sekolah kamu untuk meminta kode akses dari alef.co.id atau Alef Sucsess Coach wilayah kamu. Setelah itu, kamu juga akan mendapatkan link kelas dari gurumu dan kamu bisa segera menikmati semua fitur yang sudah disiapkan, mulai dari video pembelajaran menarik, game matematika interaktif, hingga bank soal AKM matematika kelas 7.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Mengenali Apa Itu Learning Loss dan Resiko yang Ditimbulkan

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7