Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

By: Alef Indonesia 05 Apr 2022

Bayangkanlah kamu melihat tiga buah benda, yaitu uang logam, bulan, dan piring lingkar/bulat. Apa kesamaan ketiga benda tersebut? Benar. Ketiganya memiliki permukaan berbentuk lingkaran. Apa yang membedakan lingkaran dengan bangun datar lainnya? Bagaimana suatu bentuk disebut lingkaran? Bagaimana menentukan keliling dan luas lingkaran? Bagaimana pemanfaatan rumus luas dan keliling tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Ayo, cari tahu. 

Berbagai Jenis Bangun Datar Berbentuk Lingkaran di Sekitar Kita

Lingkaran adalah sebuah bangun datar yang dibatasi bidang lengkung yang berpusat pada satu titik dan jarak setiap titik di sekitar lingkaran terhadap pusat lingkaran adalah sama. Bangun datar yang dibatasi oleh bidang lengkung namun jaraknya berbeda-beda pada setiap bagiannya tidak disebut sebagai lingkaran. Mungkin bangun tersebut adalah oval, misalnya telur atau orbit planet di tata surya. 

Lingkaran adalah salah satu bentuk yang banyak ditemukan di sekitar kita. Banyak benda-benda langit yang sering kita lihat lingkaran. Demikian halnya uang logam, pizza yang masih utuh, beberapa rambu lalu lintas, roda kendaraan, dan compact disk (CD) adalah contoh-contoh benda berbentuk lingkaran.  

Benda berbentuk lingkaran adalah bentuk yang mudah bergerak karena memungkinkan untuk digulingkan. Inilah alasan mengapa roda kendaraan berbentuk lingkaran. Coba kamu bayangkan jika roda kendaraan berbentuk persegi, tentu akan lebih sulit digerakkan. Lingkaran juga merupakan bentuk yang sulit dibuat secara manual. Manusia menggunakan berbagai alat bantu untuk membentuk lingkaran, misalnya jangka dan penggaris pola lingkaran. 

Titik pusat lingkaran adalah bagian penting dalam berbagai rumus lingkaran karena dijadikan acuan terhadap komponen yang lain. Garis lengkung yang membatasi bidang lingkaran disebut sebagai sisi lingkaran. 

Jarak terjauh antara titik pusat dengan sisi lingkaran disebut sebagai jari-jari, sedangkan jarak terjauh antara satu titik di sisi lingkaran dengan titik lain di seberangnya disebut sebagai diameter. Jari-jari (r) dan diameter (d) berperan penting dalam menentukan keliling dan luas lingkaran.

Lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri putar dalam jumlah tidak terbatas, karena kamu dapat melipat lingkaran untuk dijadikan dua bagian yang sama besar dan memutarnya dari titik manapun. Lingkaran tidak memiliki sudut, karena semua sisinya berbentuk lengkung. 

Rumus Luas dan Keliling Lingkaran

Luas dipahami sebagai sebuah besaran yang menunjukkan besarnya permukaan 2 dimensi yang dibatasi oleh sisi bangun datar. Dengan demikian, luas lingkaran adalah besarnya permukaan 2 dimensi yang dibatasi oleh garis lengkung membentuk lingkaran. Setelah diketahui besarnya jari-jari lingkaran (r) atau diameter (d), kamu dapat menggunakan data tersebut untuk menentukan keliling dan luas lingkaran. 

Luas lingkaran dapat ditentukan dengan rumus L = π x r^2 atau L = ¼ x π x d^2 , dengan π = 3,14 atau 22/7. Kamu dapat menggunakan nilai π = 3,14 bila panjang jari-jarinya bukan kelipatan 7. Bila jari-jari lingkaran merupakan kelipatan 7, maka lebih baik gunakan nilai π = 22/7.

Keliling lingkaran dapat didefinisikan sebagai panjang garis lengkung yang membatasi permukaan lingkaran. Keliling lingkaran dapat ditentukan dengan rumus K = 2 x π x r atau K = π x d.  

Apakah memahami cara menghitung luas dan keliling lingkaran bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Mari simak bagian berikutnya.

Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak benda di sekitar yang berbentuk lingkaran. Kemampuan menentukan luas dan keliling lingkaran dapat dimanfaatkan pada berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh pemanfaatan luas lingkaran ada dalam soal berikut:

Sebuah ruangan berbentuk lingkaran akan dicat lantainya. Bila diameter lantai 10 m dan daya tutup cat yang digunakan sebesar 5 m^2/kg, tentukan berapa kg cat yang diperlukan untuk mengecat seluruh permukaan lantai?

Untuk menjawab soal di atas, gunakan rumus luas lingkaran L = ¼ x 3,14 x (10 m)^2 = 78,5 m^2.

Jumlah cat yang diperlukan = 78,5 m^2 / 5 m^2/kg 

                                                     = 15,7 kg 

Contoh lain adalah dalam soal berikut ini:

Sebuah kolam berbentuk lingkaran dan diameternya 14 meter. Tepat di pinggiran kolam akan ditanami tumbuhan rambat dengan jarak 2 meter antar tanaman. Tentukan jumlah tanaman yang akan ditanam di sekitar kolam tersebut!

Untuk menjawab soal di atas, kamu dapat menggunakan data diameter untuk menentukan keliling kolam. 

K = 22/7 x 14 m 

    = 44 meter

Jumlah tanaman = 44 meter / 2 meter 

                                = 22 

Ternyata pengetahuan tentang keliling dan luas lingkaran dapat dimanfaatkan dalam kehidupan. Kamu dapat meningkatkan pemahaman kamu dengan bergabung di Platform Alef dari Alef Education. Kamu dapat memanfaatkan bahan belajar, game edukasi, dan soal latihan uji pemahaman dengan materi sesuai kurikulum kelas 7 SMP/MTs. Yuk mulai belajar dengan platform Alef dengan meminta tautan kelas dari gurumu. Bila gurumu belum memiliki akun, mintalah gurumu untuk menghubungi alef.co.id atau Alef Success Coach setempat.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Mengenali Apa Itu Learning Loss dan Resiko yang Ditimbulkan

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7