Apa Itu Soal Soal HOTS Matematika Dasar dan Bagaimana Tips Mengerjakannya

By: Alef Indonesia 14 Feb 2022

Apakah kamu sadar, beberapa tahun belakangan ini, metode pelajaran matematika lebih ditekankan  untuk menyelesaikan dan mengerjakan soal HOTS matematika dasar, khususnya soal matematika dalam AKM. Ini bukan tanpa alasan. Soal HOTS ini tidak hanya membuat kamu mampu mengerjakan soal matematika saja akan tetapi membantu kamu untuk mengasah nalar, berpikir logis, kreatif dan juga pandai menganalisa. Kemampuan menganalisa inilah yang sangat penting untuk kamu di masa depan. Saat kamu sudah terjun di masyarakat, kamu akan lebih siap dan mudah untuk berpikir kritis sehingga mampu menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

Apa itu HOTS?

Sebelum membahas lebih jauh tentang metode mengerjakan soal HOTS matematika dasar, perlu dipahami dulu apa yang dimaksud dengan HOTS. HOTS adalah singkatan dari Higher Order Thinking Skill. Secara singkat, ini merupakan soal yang menuntut kita para siswa untuk berpikir lebih kreatif, tidak hanya sekedar menghafalkan dan menirukan langkah demi langkah sesuai dengan yang guru ajarkan dalam soal pembahasan.

Agar penjelasan di atas lebih mudah untuk dipahami, ada baiknya kita bandingkan antara soal HOTS dan LOTS (Lower Order Thinking Skill). LOTS ini berupa soal yang dapat kita selesaikan dengan mengikuti/menerapkan langkah demi langkah sesuai dengan yang guru ajarkan kepada kita. Bisa dikatakan, kita hanya perlu memahami dan mengingat saja langkahnya. 

Berikut ini contoh soal matematika LOTS:

4x + 5y =110

5x + 4y = 115

2x + y = ?

Solusi:

4x + 5y = 110 I x5 I 20x + 25y = 550

5x + 4y = 115 I x4 I 20x + 16y = 460

9y = 90

y = 90 : 9

y = 10

Subsitusikan y = 10 ke dalam salah satu persamaan

4x + 5(10) = 110

4x + 50  = 110

4x  = 110 – 50

4x  = 60

x = 60 : 4

x = 15

Jadi nilai dari 2x + y = 2(15) + 10 = 30 + 10 = 40

Nah, lalu seperti apa soal HOTS? Contohnya sebagai berikut:

Satu orang dapat mengecat tembok seluas 2m2 dalam waktu 1 hari kerja (8 jam). Terdapat 5 orang yang akan mengecat tembok dengan target seluas 100m2. Jika waktu yang diberikan untuk pengecatan tersebut adalah 7 hari, apakah kelima orang tersebut dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu?

Dari soal, diketahui:

  • 1 orang pekerja dapat menyelesaikan pengecatan seluas 2m2 dalam 1 hari, maka dalam waktu 7 hari, 1 orang dapat menyelesaikan pengecatan seluas 2m27=14m2.
  • Terdapat 5 orang pekerja, maka 5 orang tersebut dapat menyelesaikan pengecatan seluas 14m2 x 5 =  70m2.

Karena target pengecatan seluas 100m2, sedangkan 5 orang pekerja dalam 7 hari hanya dapat mengerjakan seluas 70m2, maka mereka tidak dapat menyelesaikan dengan tepat waktu.

Soal di atas adalah soal model HOTS. Lalu, apa perbedaannya? Jika kamu sebagai siswa diberi soal HOTS, maka kamu tidak hanya akan menghafalkan bagaimana langkah penyelesaian atau langkah mencari jawaban. Namun juga harus memahami, menalar dan menganalisis terlebih dahulu maksud dari soal tersebut. Jadi, jelas kan seperti apa soal HOTS itu? 

3 Tahap Mengerjakan Soal HOTS 

Setelah kamu mengetahui soal HOTS matematika dasar, lalu bagaimana metode mengerjakan soal seperti itu? Setidaknya ada 3 langkah yang harus kamu lakukan.

1. Analisa Informasi dari Soal

Langkah pertama adalah menganalisis soal. Pada tahap ini, kamu harus menganalisis informasi apa yang harus dicatat yang disajikan dalam soal. Informasi inilah yang nantinya akan diolah sehingga ditemukan jawaban yang tepat.

2. Memahami Permasalahan dari Soal

Langkah selanjutnya adalah menganalisis masalah. Lebih sederhana, kamu harus menemukan masalah apa yang harus dicari solusinya sesuai dengan soal HOTS.

3. Membuat Model Matematika yang Tepat Sesuai dengan Soal

Informasi sudah didapatkan. Masalah juga sudah ditemukan. Langkah berikutnya adalah membuat model atau rumus yang tepat.

Nah, itulah metode mengerjakan soal HOTS matematika yang bisa kamu pelajari. Mengenai soal-soal HOTS matematika, kamu bisa temukan di Platform Alef. Ini merupakan platform yang menyediakan soal matematika untuk kelas 7 MTs/SMP yang bisa kamu andalkan. Terdapat banyak sekali soal metode HOTS di platform ini. Selain itu, ada juga keterangan atau penjelasan tentang masing-masing bab. Kamu bisa mengakses platform ini dengan cara memberitahukan guru/ kepala sekolahmu untuk meminta kode akses ke alef.co.id atau Alef Succses Coach wilayahmu. Dengan Platform Alef kamu tidak hanya bisa mendapatkan soal-soal HOTS matematika dasar melainkan juga bisa belajar bagaimana cara mengerjakannya step by step

Syutttt, ada video pembelajaran menarik dan games interaktif yang mudah dipahami lohh. Yukk gunakan Platform Alef sekarang juga.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Mengenali Apa Itu Learning Loss dan Resiko yang Ditimbulkan

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7