6 Metode Paten Belajar Matematika yang Bisa Bikin Kamu Keren

By: Alef Indonesia 02 Feb 2022

Liburan di tanggal kejepit

Ayolah ajak Paman Ali

Hari gini matematika sulit

Udah gak zaman kali

 

Sejak sekolah dasar sudah belajar matematika, tetapi mengapa sampai kelas 7 ini masih terasa sulit juga? Kalian sedang merasakan ini? Yuk, kita cari solusi.

Kesulitan Belajar Matematika

Umumnya manusia merasakan kesulitan saat belajar hal baru, apalagi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sebagai contoh, mungkin kamu saat TK menghitung 5 + 4 saja sulit. Kamu harus mencari contoh benda, misalnya 5 pensil ditambah 4 pensil, kemudian dihitung keseluruhannya, baru kamu temukan jawaban. 

Setelah masuk SD, untuk mengerjakan 5 + 4 kamu tidak perlu lagi sebuah benda. Kamu cukup dengan gambar, atau bahkan sudah cukup dengan mengingat hasil penjumlahan dalam tabel. Hal ini menunjukkan bahwa dari TK ke SD, kemampuan berpikir kamu sudah mengalami peningkatan. 

Nah, saat ini sudah kelas 7, tentunya apa yang kamu pelajari juga semakin kompleks. Kamu akan bertemu soal seperti: “Ani membeli 2 buku dan 3 pulpen di koperasi dan harus membayar Rp 13.000,00. Bila harga buku 7/4 kali harga pulpen, sedangkan Ina membeli 3 buku dan 2 pulpen seperti yang dibeli Ani, berapa jumlah uang yang harus dibayarkan oleh Ina?”

Nah, soal di atas dapat diselesaikan kalau kamu sudah memahami perkalian dan penjumlahan. Jadi, biasanya kesulitan dalam belajar matematika di kelas 7 bisa jadi karena kita belum mahir dalam penghitungan-penghitungan dasar yang seharusnya kita kuasai di kelas sebelumnya. 

Jadi bagaimana solusinya? 

 Metode Belajar Matematika yang Bisa Kamu Terapkan

  • Dari yang Mudah ke yang Menantang

Otak kita itu seperti gergaji, yang semakin sering kita asah akan semakin tajam. Yuk, kita mulai rajin berlatih matematika. Kamu bisa mulai dengan soal-soal yang mudah. Selanjutnya, terus tingkatkan level keterampilan dengan berusaha menyelesaikan soal-soal yang lebih menantang, bahkan soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). 

  • Sesuai Kemampuan dan Gaya Belajar Kamu

Setiap orang mempunyai kemampuan dan gaya belajar yang unik. Jadi, kenali kemampuan kamu dengan mulai berlatih soal-soal yang mudah, kemudian teruskan dengan yang lebih sulit. Dalam berlatih, lakukan dengan gaya yang kamu banget. Kalau suka belajar sambil mendengarkan musik, lakukan saja. Jika suka suasana tenang, carilah tempat yang sesuai. 

Belajar sesuai kemampuan dan gaya belajar kamu dapat meningkatkan motivasi dan mood, sehingga kamu belajar dengan senang. Jangan lupa merayakan setiap keberhasilan kamu ya. 

  • Kegiatan Belajar Berbasis Penelitian

Kegiatan penelitian atau penyelidikan itu seru. Jadi, saat mendapatkan soal seperti Ani dan Ina, kamu dapat mulai menyelidiki. Misalnya dengan membuat berbagai dugaan harga buku dan pulpen. Jangan lupa melakukan literasi, sebab sebenarnya soal itu berhubungan dengan materi matematika kelas 7 yaitu Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). 

  • Aplikatif

Kamu dapat menghubungkan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Contoh soal Ani dan Ina di atas sangat aplikatif, karena kegiatan jual beli adalah aktivitas sehari-hari. Carilah peristiwa serupa di sekitar kamu dan jadikanlah soal latihan. Hal ini dapat membantu kamu memahami materi dan menarik manfaatnya bagi kehidupan. 

  • Repetisi dan Tantangan Baru

Ulangi terus latihan kamu sehingga pemahaman kamu semakin baik. Berikan diri kamu tantangan-tantangan baru agar level kamu di matematika semakin tinggi. Jangan lupa cari tantangan yang asyik, misalnya dalam bentuk game dan kuis ya. 

  • Penyelesaian Masalah

Pemahaman yang semakin baik dapat membantu kamu menyelesaikan berbagai masalah. Kamu bisa mendapatkan berbagai tantangan penyelesaian masalah matematika melalui platform online untuk mengasah keterampilan kamu. 

Teman Belajar Matematika yang Kamu Banget

Tentunya asyik belajar matematika dengan metode-metode di atas. Masalahnya, waktu belajar di sekolah saat ini sangat terbatas. Sementara sebagian orang tua kita tidak bisa membantu dengan maksimal karena kesibukan kerja atau karena sudah lupa dengan materi MTs/SMP kelas 7 yang memang semakin menantang. Jadi bagaimana solusinya?

Jangan khawatir. Sekarang ini sudah ada Platform Alef. Ini adalah sarana belajar matematika yang cocok sekali untuk siswa MTs/ SMP kelas 7 seperti kamu. Cara pendaftarannya sangat mudah. Kamu tinggal menunjukkan Platform Alef tersebut kepada guru atau kepala sekolah/madrasah-mu, kemudian minta gurumu untuk meminta kode akses di alef.co.id atau melalui Alef Success Coach wilayahmu untuk mendapatkan informasi detail dan menarik tentang Alef Education dan tutorial pendaftarannya. Setelah mendaftarkan kelas kalian, gurumu akan mendapatkan tautan, dan membagikannya ke kelas sehingga kamu dan temanmu bisa mengakses Platform Alef.

Klik tautan kelas itu kemudian mulailah membuat akun. Jangan lupa memastikan bahwa informasi kelas kamu sudah benar, ya. Daftarkan nama depan, nama belakang, alamat email, dan gunakan password yang aman. Setelah pembuatan akun selesai, kamu akan dibawa masuk ke beranda. 

Di sini, kamu bisa mengakses tugas dari guru, mengerjakan latihan soal, menonton video pembelajaran yang menarik, bahkan memainkan game matematika yang seru. Asyiknya lagi, kamu bisa mendapatkan berbagai penghargaan sesuai aktivitas kamu di Platform Alef

Nah karena berupa platform, kamu bisa akses dari manapun dan kapanpun dari HP maupun laptop kamu. Asyik kan. Yuk, segera bergabung dengan Platform Alef dan tingkatkan prestasimu. 

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Mengenali Apa Itu Learning Loss dan Resiko yang Ditimbulkan

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7