4 Cara Belajar Matematika yang Efektif Dijamin Mudah!

By: Alef Indonesia 01 Jan 2022

Matematika itu sulit. Anggapan itu selalu ada di benak siswa-siswi sekolah. Jika anggapan itu juga yang ada di benak kamu, kamu perlu tahu cara belajar matematika yang efektif. Karena setelah itu, kamu tidak akan merasa matematika itu sulit. Bahkan, setelah kamu mahir mengerjakan soal matematika, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang ada di sekitar kamu.

Kok bisa seperti itu? Tentu saja bisa. Matematika itu sebagian besar logika. Ketika kamu bisa mengerjakan soal matematika, logika kamu terasah. Kamu menjadi terbiasa untuk menggunakan logika untuk menyelesaikan masalah. Soal matematika itu dianggap sebagai masalah. Saat kamu berhasil mengerjakan soal, logika terasah. Kamu berhasil menyelesaikan masalah. Makanya, jika kamu hebat di pelajaran matematika, kamu akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah.

Jadi, semakin tertarik untuk belajar matematika? Jika ya, kamu perlu tahu bagaimana sih cara belajar matematika yang efektif.

4 Cara Lebih Mudah Belajar Matematika 

Jika kamu selama ini merasa kurang mahir dalam pelajaran matematika atau kamu kurang semangat belajar matematika, kira-kira apa sih yang membuat kamu seperti itu? Apakah karena guru kamu yang kurang bisa menjelaskan dengan baik? Atau kamu memang sudah dari awal merasa matematika itu sulit? Apa yang menyebabkan kamu kurang semangat dalam belajar matematika harus ditemukan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mulai untuk mencari tahu bagaimana sih cara belajar matematika yang efektif.

Jika menurut kamu guru matematika kurang begitu jelas dalam menerangkan di kelas, jangan khawatir. Kamu bisa kok belajar sendiri. Dan berikut ini metode belajar matematika efektif yang bisa kamu lakukan:

  1. Pahami Konsep Utama

Pelajaran matematika itu berhubungan dengan cara berpikir untuk menyederhanakan masalah yang rumit menjadi suatu formula sederhana. Berbeda dengan fisika yang harus memahami rumus suatu permasalahan nyata, matematika mengharuskan kamu untuk memahami konsep menyederhanakan masalah. Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat sebuah masalah agar mendapatkan solusi yang tepat. Jadi, di setiap bab yang kamu coba pelajari, analisa masalahnya kemudian pahami bagaimana menyederhanakannya.

Memahami rumus itu berbeda dengan menghafal rumus. Kebanyakan siswa menghafalkan rumus. Tentu itu bukan hal yang salah. Akan tetapi, kamu harus tahu kemampuan otak untuk menghafal itu terbatas. Dan kamu harus tahu akan ada banyak sekali rumus yang harus kamu hafalkan. 

Ketika kamu memahami rumus, otak kamu tidak terlalu bekerja begitu keras dan pastinya akan lebih mudah untuk mengingat sekalipun rumus matematika tersebut begitu banyak.

Salah satu cara agar kamu memahami rumus yakni bisa meminta bantuan guru pembimbing dalam membantu mengerjakan soal, mengecek video pembelajaran dari  Youtube, atau bahkan dengan bantuan platform pembelajaran online yang menyediakan video-video pembelajaran dengan durasi sangat pendek yang akan membantumu memahami rumus dan konsep matematika, menjelaskan dengan bahasa yang sangat mudah kamu fahami dan dengan cara yang pastinya kamu akan sukai. 

      2. Kerjakan Soal yang Paling Sederhana

Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengasah kemampuan kamu dalam pelajaran matematika selain sering mengerjakan soal. Akan tetapi, bukan hanya sekedar mengerjakan soal yang kamu harus lakukan. Sebaiknya, kamu mengerjakan soal-soal matematika yang paling sederhana atau paling mudah. Ini bisa kamu lakukan saat pertama kali kamu belajar sebuah bab baru.

Jadi, setelah kamu memahami sebuah konsep matematika, langsung saja cari soal-soal yang sederhana. Kerjakan sebaik mungkin. Jangan terburu-buru. Karena ketika kamu bisa mengerjakan soal, itu artinya kamu sudah benar-benar memahami konsep tersebut.

       3. Naik Level Mengerjakan Soal yang Lebih Sulit

Sudah mahir mengerjakan soal yang sederhana? Silahkan cari soal-soal yang jauh lebih menantang dengan level kesulitan yang jauh lebih tinggi. Kamu bisa cari contohnya di bank soal matematika, atau kamu bisa mengakses Platform Alef dari Alef Education yang menyediakan soal-soal matematika untuk siswa kelas 7 SMP/MTs. Selain itu, ada juga penjelasan setiap bab matematika yang dibuat dengan menggunakan media animasi serta video yang menarik. Jadi, kamu bisa belajar sekaligus mengerjakan soal matematika yang kamu inginkan secara asyik dan menyenangkan.

Untuk bisa bergabung ke akun siswa Platform Alef, kamu perlu menanyakan guru atau kepala sekolah/kepala madrasah kamu apakah sudah memiliki akun di Platform Alef, karena kode akses hanya diberikan kepada kepala sekolah/kepala madrasah dan guru. Kamu hanya bisa bergabung dari link yang dibagikan guru salah satunya lewat pesan Whatsapp, supaya secara otomatis terhubung ke akun gurumu yang sudah bergabung di Platform Alef.

      4. Belajar dari Sumber Lain 

Sebaiknya, jangan puas dengan materi yang dijelaskan oleh guru atau materi dari buku yang dibagikan dari sekolah. Sebaiknya, kamu mencari sumber lainnya. Kamu bisa cari e-book matematika di internet atau mencari buku matematika di toko buku terdekat. Dari sana, kamu akan mendapatkan lebih banyak referensi pelajaran dan juga referensi soal.

Salah satu sumber referensi yang bisa kamu akses adalah Platform Alef seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Apalagi ini platform digital yang sangat mudah untuk kamu akses dengan menggunakan smartphone ataupun laptop. Kamu bisa menemukan video-video berisi penjelasan materi yang singkat, menarik, dan mudah dipahami. Selain itu, tersedia berbagai latihan soal games yang tentunya akan membuatmu semakin terasah dalam matematika. Bagaimana mendapatkan akses Platform Alef ini? Ayo segera ajak guru kamu untuk bergabung dengan cara mendapatkan kode akses di alef.co.id atau kepada Alef Success Coach wilayah masing-masing. Setelah semua proses registrasi selesai, kamu dan gurumu akan bisa langsung terhubung di kelas yang ada di Platform Alef ini.

Itulah beberapa cara belajar matematika yang efektif yang bisa kamu coba praktekkan. Tentu masih banyak lagi cara lain yang efektif dalam belajar matematika. Akan tetapi, 4 cara tersebut sudah terbukti mampu membuat siswa yang awalnya kesulitan dalam belajar matematika menjadi mahir di mata pelajaran yang satu ini. 

 

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Mengenali Apa Itu Learning Loss dan Resiko yang Ditimbulkan

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Yuk Kenalkan Soal AKM SMP Numerasi untuk Siswa Kelas 7