Ingin Pintar Perkalian Matematika? Yuk Pelajari Strategi Ini

By: Alef Indonesia 02 Jan 2022

Menyelesaikan masalah matematika seringkali kamu anggap sulit. Hal ini bisa dikarenakan kemampuan kamu dalam menguasai dasar-dasar perhitungan matematika seperti tambah, kurang, kali, dan bagi yang masih rendah. Di dalam benakmu, untuk menguasai dasar-dasar perhitungan matematika juga bukanlah hal yang mudah. Kesulitan dalam perhitungan dasar ini bisa membuat kamu semakin yakin bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit.

Padahal, anggapan itu tidak selalu benar. Kamu bisa menguasai dasar-dasar perhitungan matematika, seperti perkalian dengan strategi hitung cepat. Apa itu? Yaitu strategi cepat dalam menghitung perkalian. Mungkin saja strategi hitung cepat ini bisa membantu mengikis pendapatmu tentang sulitnya matematika dan bisa menyelesaikan soal yang kamu anggap sulit dalam waktu yang cepat.

Jika kamu siswa yang benar-benar ingin mahir dalam pelajaran matematika, ada baiknya kamu pelajari strategi-strategi ajaib perkalian matematika ini.

Strategi Hitung Cepat Perkalian Angka 9

Kamu kesulitan untuk menghitung perkalian yang ada angka 9 nya? Jika ya, ada baiknya kamu luangkan waktu untuk belajar strategi matematika perkalian 9 dengan bilangan 1-10. Perhatikan strategi atau pola berikut ini:

9 x 1 = 09

9 x 2 = 18

9 x 3 = 27

9 x 4 = 36

9 x 5 = 45

9 x 6 = 54

9 x 7 = 63

9 x 8 = 72

9 x 9 = 81

9 x 10 = 90

Kamu bisa perhatikan hasil dari perkalian angka 9. Angkanya berurutan, bukan? Ini yang disebut dengan sifat palindrom (dibaca dari depan dan dari belakang sama). Jadi, perkalian 9 dan 1 hasilnya memiliki digit berkebalikan dengan perkalian 9 dan 10, perkalian 9 dan 2 hasilnya memiliki digit berkebalikan dengan perkalian 9 dan 9, dan seterusnya. Semoga strategi perkalian 9 ini bisa membuatmu lebih cepat menjawab dan menghitung ya.

Strategi Hitung Cepat Perkalian Angka 11

Mengalikan angka di bawah 10 cenderung masih mudah. Bagaimana jika perkalian dengan angka 11? Agak sulit, bukan? Tenang saja, sekarang kamu bisa pelajari strategi perkalian dengan angka 11. Bagaimana caranya? Lihat contoh berikut ini:

72 x 11 = 792

63 x 11 = 693

Langkah pertama simpan digit pertama dan digit kedua angka yang dikalikan dengan 11 tersebut sebagai digit pertama dan ketiga hasil kali bilangan.

[image]

Selanjutnya, jumlahkan angka-angka yang dikalikan 11 yaitu (7 + 2) untuk disimpan di tengah-tengah (digit kedua) hasil kali bilangan, setelah itu kita akan mendapatkan jawaban dari contoh soal di atas, 7211= 792.

Kesimpulan : di mana 7 merupakan digit pertama dari soal, 9 merupakan hasil penjumlahan dari 7 dan 2, dan 2 merupakan digit terakhir soal.

Namun bagaimana dengan perkalian

97 x 11 = 106

Kamu tidak perlu kuatir mari kita coba strateginya. 

[image]

  • Langkah pertama simpan digit pertama (9) dan digit kedua (7) dari angka yang dikalikan dengan 11, kemudian tambahkan kedua digit tersebut (9+7=16). 
  • Ambil digit pertama dari angka yang dikalikan dengan 11 yaitu (9) dan jumlahkan dengan digit pertama dari hasil penjumlahan langkah pertama (1) maka kita mendapatkan hasil (1+9=10). 
  • Langkah terakhir gabungkan hasil penjumlahan dari langkah kedua (10) dengan digit kedua hasil penjumlahan langkah pertama (6) bersama dengan digit kedua dari angka yang dikalikan dengan 11 (7) sehingga hasil akhirnya menjadi 1067.

Yuk, lihat lagi polanya dan terus latih berulang ya untuk strategi perkalian dengan 11 ini.

Strategi Pintar Menghitung Perkalian Persentase 

Lupakan kalkulator untuk menghitung persentase. Sekarang, kamu bisa gunakan strategi pintar berikut ini. Misalnya saja ada pertanyaan berapakah nilai dari 30% dari 250? Jawabannya sebagai berikut:

Ubah bentuk persen menjadi desimal, misal 30% menjadi 30100 = 0,30.

Kalikan jumlah desimal dari 30% dengan 250 sesuai soal diatas 0,30 250 = 0,3 10 25 = 3 25 = 75

Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti sering dihadapkan dengan situasi harus berpikir cepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mulai sekarang, coba strategi cepat di atas ya.

Jadi apakah kamu sudah cukup mengerti tentang strategi cepat perkalian setelah menyimak pembahasan tersebut? Nah agar belajar matematika makin asyik dan menyenangkan, kamu bisa banget mencoba Platform Alef dari Alef Education

Platform Alef sendiri merupakan web application (aplikasi berbasis web) yang disediakan secara khusus untuk menunjang pembelajaran campuran. Kamu bisa belajar matematika dengan asyik dan menyenangkan karena Platform Alef menyediakan beragam soal serta video penyelesaian strategi matematika dengan metode yang sederhana. Nggak cuma itu, Platform Alef punya fitur game edukasi  yang bisa dimainkan setelah kamu menonton video pembelajaran yang mudah dipahami dan sebelum lanjut mengerjakan tantangan Tes Pengertianmu. Menarik kan? Yuk segera buat akun dan cobain Platform Alef, dengan cara ajak gurumu untuk mendapatkan kode akses di alef.co.id atau Alef Success Coach di wilayahmu sekarang juga!

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Tips agar Kamu 100% Siap Menghadapi Ujian Matematika

Apa Itu Soal Soal HOTS Matematika Dasar dan Bagaimana Tips Mengerjakannya