3 Cara Belajar Matematika dengan Mudah Anti Gagal Paham

By: Alef Indonesia 30 Dec 2021

Apakah ada cara belajar matematika dengan mudah? Ini pertanyaan yang diajukan oleh kebanyakan siswa. Hal ini sangat wajar mengingat secara umum matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit oleh sebagian besar siswa Indonesia. Meskipun demikian, mereka tetap saja ingin menguasai matematika karena matematika merupakan pelajaran yang dianggap penting. 

Kok bisa seperti itu? Sudah tahu susah kenapa masih mau belajar matematika? Setiap siswa punya alasan tersendiri. Ada yang memang ingin mendapatkan nilai matematika yang bagus lantaran suatu saat nanti ingin kuliah di jurusan tertentu yang membutuhkan nilai matematika yang memuaskan. Contohnya saja jurusan kedokteran, farmasi, geologi, dan lain sebagainya.

Ada siswa yang dituntut untuk memiliki nilai bagus oleh orangtua atau keluarganya. Ada siswa yang ingin bisa matematika agar terlihat keren. Ada siswa yang ingin bisa matematika karena sudah memahami manfaat besar matematika. Kalau kamu, apa alasan kamu ingin menguasai pelajaran matematika?

Yang pasti, selalu ada cara untuk bisa memahami matematika dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu mempelajari dan juga menerapkan 3 tips belajar matematika berikut ini:

Pahami Konsepnya, Jangan Hanya Rumusnya 

Jika kamu berada di toko buku, mungkin kamu pernah lihat buku kumpulan rumus matematika. Ternyata buku seperti ini laris manis dibeli oleh siswa yang ingin sekali mahir di bidang matematika.

Apakah dengan membeli buku kumpulan rumus seperti ini mereka berhasil menjadi siswa pintar matematika? Kemungkinan itu ada. Akan tetapi, coba bayangkan berapa lama kemampuan ingatan kamu bisa menghafalkan rumus? Apalagi jika jumlah rumus matematika yang harus kamu hafalkan begitu banyak. Karena ternyata kemampuan otak untuk mengingat atau menghafal itu terbatas.

Daripada menghafalkan rumus, akan lebih baik jika kamu memahami konsep di balik sebuah rumus. Kamu harus tahu setiap rumus itu ada konsep di belakangnya. Itulah yang harus kamu pahami lebih awal. Karena ketika kamu memahami konsepnya, maka akan lebih mudah kamu untuk mengerti rumus dan dapat hafal dengan sendirinya.

Meskipun demikian, bukan hal yang salah juga jika kamu membeli buku kumpulan rumus matematika. Buku ini kamu bisa gunakan sebagai pengingat saja ketika kamu harus belajar cepat sebelum tes atau ujian dimulai. Namun, pastikan kamu menerapkan salah satu cara belajar matematika dengan mudah, yaitu dengan memahami konsepnya. Baru kemudian kamu bisa lebih memahami rumusnya serta penerapannya dalam permasalahan.

Rumus Ajaib atau Trik Khusus Mengerjakan Matematika

Pernah mendengar ada cara cepat mengerjakan sebuah soal matematika atau yang juga sering disebut dengan smart solution? Biasanya, ada bab tertentu di mana soal matematika di bab tersebut bisa dikerjakan dengan sangat cepat dengan menggunakan smart solution. Ini merupakan trik jitu atau trik ajaib mengerjakan soal dengan sangat cepat.

Sayangnya, tidak semua bab memiliki rumus cepat seperti ini. Akan tetapi, bukan berarti cara ini tidak layak untuk kamu coba. Kamu bisa cari, kumpulkan, dan juga pahami rumus cepat untuk mengerjakan bab-bab matematika tertentu. Sebenarnya, kamu juga dapat menciptakan rumus ajaib jika kamu sudah memahami konsep dasarnya. Setidaknya, saat ujian, kamu bisa mengerjakan beberapa nomor dengan lebih cepat sehingga kamu bisa leluasa mengerjakan soal lain yang jauh lebih sulit.

Terus Berlatih

Ada pepatah mengatakan Practice Makes Perfect. Latihan akan membuat kamu sempurna. Pepatah ini juga berlaku untuk kamu yang sedang belajar matematika.

Di setiap bab yang sedang kamu pelajari, usahakan kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakan soal. Mulailah dengan soal-soal yang mudah. Lalu, naikkan level untuk mengerjakan soal yang semakin sulit. Kamu bisa menganggap soal matematika sebagai tantangan yang dapat memberikan kepuasan ketika bisa kamu taklukkan.

Ada banyak sekali cara mendapatkan soal matematika. Tetapi, kamu bisa kebingungan jika tidak mempunyai sumber yang terpercaya. Selain membutuhkan soal, tentunya kamu perlu mengonfirmasi apakah jawaban kamu benar atau tidak dan jika tidak, kamu perlu penjelasan. Salah satu cara mendapatkan soal matematika yang lengkap adalah dengan mengakses Platform Alef. Ini merupakan platform yang didesain oleh Alef Education dan disesuaikan dengan kurikulum pendidikan Indonesia (Kurtilas). Platform ini menyediakan soal-soal matematika, mulai tingkat kesulitan yang rendah hingga tinggi untuk siswa SMP/MTs kelas 7.

Selain itu, terdapat banyak video pembelajaran matematika yang asik dan juga soal-soal untuk mengasah pemahamanmu tentang matematika SMP/MTs. Kerennya juga Platform Alef punya fitur games atau permainan edukasi untuk memastikan kamu dapat pengalaman belajar luring dan daring tak terlupakan.

Untuk bisa mengakses platform ini, kamu harus meminta bantuan Kepala Sekolah/Madrasah atau guru kamu untuk meminta kode akses akun Platform Alef di alef.co.id. Pasalnya, platform ini baru bisa kamu akses setelah gurumu mengundangmu masuk ke kelasnya. Yuk segera temui Kepala Sekolah/Madrasah atau guru matematika kamu dan segera dapatkan akses Platform Alef ini. 

Itulah 3 cara belajar matematika dengan mudah. Lakukan cara tersebut secara konsisten dan kamu akan merasakan bahwa kamu semakin mudah dalam mempelajari matematika.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Cara Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran

Rumus Menghitung Luas Segitiga Siku-siku & Sama Kaki

Tips agar Kamu 100% Siap Menghadapi Ujian Matematika

Apa Itu Soal Soal HOTS Matematika Dasar dan Bagaimana Tips Mengerjakannya