Video & Contoh Soal Kuis Matematika: Menghitung Luas Bangun Datar 

By: Alef Indonesia 07 Aug 2022

Apakah Anda pernah memperhatikan bentuk lapangan sepak bola?

Jika Anda lihat permainan sepak bola di TV kadang lapangan sepak bola yang disiarkan oleh Liga Inggris dan Liga Indonesia terasa sedikit berbeda. Ada yang terlihat lebih besar, lebih kecil, lebih luas, atau bahkan terlihat lebih sempit. Sebenarnya hal tersebut hanya dipengaruhi oleh pengambilan sudut pandang oleh kamera, sedangkan ukuran lapangan sepak bola itu selalu sama di setiap negara yang mengadakan kompetisi. Hal ini dikarenakan ukuran lapangan sepak bola sudah diatur oleh federasi sepak bola dunia dan itu berlaku untuk seluruh pertandingan, kejuaraan, atau kompetisi yang diadakan di seluruh dunia.

Lalu, bagaimana cara menghitung luas lapangan sepak bola untuk memastikan bahwa ukurannya sesuai dengan aturan federasi sepak bola?

Seperti yang Anda ketahui, bentuk lapangan sepak bola itu termasuk ke dalam kategori bangun datar segi empat. Nah, untuk mencari luas dan kelilingnya, kita perlu mengetahui panjang dan lebar dari ukuran lapangan sepak bola tersebut.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat video dari Platform Alef Education pada link berikut ini!

Video Bangun Datar: Persegi Panjang

Pelajari selengkapnya :

https://campsite.bio/alefeducation.id

 

Pada gambar yang tertera di video berikut, ada 4 titik sudut pada persegi panjang yakni sudut A, B, C, dan D. Dalam gambar terlihat garis AB sejajar dengan sudut CD dan sudut AD sejajar dengan sudut BC. Garis AB dan CD disebut sebagai panjang persegi panjang,sedangkan  garis AD CB disebut sebagai lebar persegi panjang.

Lalu, bagaimana rumus untuk mencari luas persegi panjang?

Rumus untuk mencari luas persegi panjang adalah:

Luas = panjang x lebar

Jika misalkan lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang seperti yang tertera pada video pembelajaran di atas dengan panjang AB adalah 100 meter dan panjang AD adalah 50 meter, maka luas lapangan sepak bola tersebut adalah 100 meter x 50 meter = 5.000 meter persegi. 

Lalu bagaimana untuk mencari keliling persegi panjang?

Rumus untuk mencari keliling persegi panjang adalah:

Keliling = 2 panjang + 2 lebar = 2 (panjang + lebar)

Jika misalkan lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang seperti yang tertera pada video pembelajaran di atas dengan panjang AB adalah 100 meter dan panjang AD adalah 50 meter, maka keliling lapangan sepak bola tersebut adalah 2 x 100 meter + 2 x 50 meter = 300 meter.

Nah, bagaimana sudah cukup jelas bukan cara untuk mencari luas dan keliling dari persegi panjang? Kurang lebih begitulah cara lembaga federasi sepak bola untuk menyeragamkan ukuran lapangan sepak bola di seluruh dunia yang akan dipakai untuk kejuaraan atau kompetisi.

Selain itu, pada Platform Alef yang dipersembahkan oleh Alef Education masih banyak video-video menarik lainnya yang berkaitan dengan bangun datar. 

Yuk, coba kita cek satu persatu!

Video pembelajaran bangun datar: persegi

https://campsite.bio/alefeducation.id

Lalu untuk Video Pembelajaran Bangun Datar: Jajar Genjang

https://campsite.bio/alefeducation.id

Untuk video Pembelajaran Bangun Datar: Belah Ketupat

https://campsite.bio/alefeducation.id

Video pembelajaran bangun datar: layang-layang

https://campsite.bio/alefeducation.id

Video pembelajaran bangun datar: trapesium

https://campsite.bio/alefeducation.id

Video pembelajaran bangun datar: segitiga

https://campsite.bio/alefeducation.id

Dari beberapa contoh video diatas, pastinya kita bisa mempelajari dan menerapkan atau bahkan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada materi bangun datar, penerapan konsep pada kehidupan sehari-hari, seperti:

  1. Menghitung luas lahan atau tanah pekarangan berdasarkan konsep luas bangun datar.
  2. Menghitung panjang pagar rumah yang dibuat berdasarkan konsep keliling bangun datar.
  3. Menghitung jumlah pohon yang perlu ditanam pada sekeliling taman.

Mari kita bahas beberapa contoh penerapan bangun datar dari soal-soal berikut

Contoh soal kuis matematika 1:

Pak Beny hendak memagari tanahnya dimana salah satu sisi panjangnya menghadap sungai. Perbandingan panjang dan lebar tanah tersebut adalah 3 : 2 dengan luas tanah 864 meter persegi. Berapakah panjang pagar yang harus dibuat?

Jawaban: panjang pagar yang dibuat adalah 84 meter.

 

Contoh soal kuis matematika 2:

Suatu taman di perumahan Keasyikan Belajar berbentuk belah ketupat dengan salah satu sudutnya adalah 1200 . Diagonal yang pendek panjangnya 8 m, sekeliling taman tersebut hendak ditanami pohon dengan jarak 2 m, satu sama lain. Berapakah pohon yang diperlukan?

Jawaban: Banyak pohon yang diperlukan di sekeliling taman tersebut berjumlah 16 pohon.

Untuk melihat pembahasan lengkap di atas bisa di klik tonton video berikut ini. 

https://campsite.bio/alefeducation.id

Para guru matematika, khususnya yang mengajar pada jenjang kelas 7 SMP/MTs tidak perlu khawatir lagi dalam mencari video pembelajaran yang menarik karena pada Platform Alef ini sudah tersedia berbagai video pembelajaran, soal- soal latihan, soal PTS maupun PAS, kuis, dan game interaktif seru yang tentunya bakal menarik minat peserta didik. Aplikasi belajar online ini pun telah disesuaikan dengan kurikulum yang saat ini digunakan di SMP ataupun MTs di Indonesia.

Tertarik dengan aplikasi belajar dari Platform Alef? Tunggu apalagi, Anda dapat langsung meminta kode akses di https://alef.co.id atau menghubungi Alef Success Coach wilayah Anda dan menikmati seluruh konten dan fasilitasnya. 

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Cara Cepat Belajar Matematika dengan Platform Online

Yuk Pelajari Perbedaan Bunga, Keuntungan, dan Netto

5 Tips Belajar Matematika Untuk Memaksimalkan AKM Siswa