Tips Meningkatkan Interaksi Peserta Didik Belajar Mandiri

By: Alef Indonesia 06 Jun 2022

Apa yang kalian lakukan ketika belajar mandiri di rumah?

“Saya belajar sambil tiduran”.

“Saya belajar sambil menonton TV”.

“Saya sering ketiduran dan tidak masuk ke dalam room”.

“Saya tertinggal materi”.

Diatas adalah beberapa jawaban peserta didik ketika ditanya mengenai aktivitas mereka ketika belajar mandiri dirumah. Potensi akan learning loss pada saat belajar mandiri pun tentu masih ada. 

Untuk mencegah kebosanan dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, diperlukan upaya kreatif seorang pendidik untuk menerapkan semangat belajar peserta didik.

Paling utama untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran adalah dengan cara meningkatkan interaksi peserta didik dengan pendidiknya terlebih dahulu karena jika seorang pendidik sudah tidak bisa menyampaikan materi dengan gampang, asyik dan menarik, peserta didik pun cenderung merasa bosan dengan mata pelajaran yang sedang mereka pelajari.

Berikut adalah tips bagi pendidik untuk meningkatkan interaksi peserta didik ketika belajar mandiri dirumah

  • Materi Ajar yang Cukup Singkat dan Menarik

Mendengarkan seseorang berbicara di dalam video pembelajaran lebih dari 30 menit pastinya akan terasa membosankan, bukan? Dilihat dari sudut pandang pendidik, akan banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan materi pembelajaran seperti itu. 

Akan tetapi, dari sudut pandang peserta didik sebagian materi tidak akan diingat karena kemampuan seseorang dalam mengingat sebuah pembicaraan tentunya sangat terbatas. Maka dari itu seorang pendidik harus menyampaikan materi semenarik mungkin dan diselingi dengan kegiatan tanya jawab atau mini kuis dengan peserta didik.

  • Membuat Pembelajaran Yang Bermakna (Meaningful Learning)

Terkadang peserta didik tidak memperhatikan sebuah pelajaran bukan karena mereka tidak suka pada pelajaran tersebut. Akan tetapi, mereka merasa bahwa pembelajaran tersebut tidak berarti apa-apa di kehidupan mereka. 

Ciptakanlah suasana dimana peserta didik bisa merasakan makna dari pembelajaran yang sedang dilakukan terhadap lingkungan sekitarnya. Hal tersebut bisa meningkatkan interaksi antara peserta didik selama kegiatan belajar online berlangsung.

Contohnya, pada saat pembelajaran bidang datar peserta didik bisa langsung dihadapkan pada permasalahan yang sering terjadi seperti menghitung luas bangunan atau menghitung biaya untuk mengecat sebuah tembok dan diselingi melihat video interaktif tentang pembahasan pelajaran tersebut

  • Membuat Bahan Ajar Interaktif

Bahan ajar pada saat belajar mandiri tentunya akan berbeda dengan bahan ajar yang digunakan pada saat pertemuan tatap muka. Bahan ajar pada saat belajar online secara mandiri bisa dikemas semenarik mungkin, misalnya dengan adanya kuis interaktif di setiap akhir sesi pembelajaran. Hal tersebut tentunya akan lebih membuat peserta didik aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

  • Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Metode belajar yang menarik sangat diperlukan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Metode belajar pada saat pembelajaran tatap muka tentunya akan berbeda dengan metode pembelajaran mandiri secara online

Pada saat ini, guru dituntut untuk membuat berbagai metode belajar online yang menarik dan tidak membosankan. Jika guru dapat membuat dan memilih metode belajar yang cocok, tentunya motivasi dan minat siswa dalam belajar pun akan meningkat. Selain untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, pemilihan metode pembelajaran juga sangat untuk untuk tercapainya tujuan pembelajaran terutama pada saat belajar online.

  • Melibatkan Orangtua dalam Pembelajaran Siswa

Lingkungan keluarga atau rumah merupakan media pertama dan utama yang secara langsung berhubungan dengan perilaku dan kegiatan peserta didik selama kegiatan pembelajaran online berlangsung. 

Berkaitan dengan keterlibatan orang tua dalam memberikan pendidikan pada anak, ada tiga hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar, yakni cara mendidik siswa, sikap (keteladanan) orang tua, dan suasana dalam keluarga. Guru harus bersinergi dengan orang tua dalam hal membimbing siswa dalam belajar secara mandiri. Melibatkan orang tua siswa dalam menggali informasi tentang kebiasaan siswa di rumah, pemberian motivasi, dan membagikan teknik atau gaya belajar peserta didik kepada orang tua akan sangat membantu.

  • Memilih Platform Pembelajaran yang Tepat

Semenjak pandemi, berbagai macam sistem yang digunakan untuk mendukung pembelajaran berbasis daring mulai bermunculan. Dengan segala kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan, menciptakan proses belajar mengajar yang baru dalam sistem pendidikan kita. Salah satu aplikasi yang mendukung belajar online Platform Alef dari Alef Education. Platform Alef hadir sebagai platform matematika MTs/SMP kelas 7 yang dikemas secara interaktif, menarik, dan sesuai standar kurikulum di Indonesia. Dengan dilengkapi video pembahasan materi detail, contoh soal, serta games interaktif yang membantu siswa memahami konsep utama dari matematika. Tidak perlu khawatir Anda sebagai pendidik juga bisa langsung mengidentifikasi perkembangan setiap siswa di seluruh kelas karena tersedianya Dashboard Analitik sehingga interaksi Anda dengan siswa dalam pembelajaran pun akan secara real-time.

Sebagai penunjang untuk pembelajaran online, pembelajaran tatap muka dan pembelajaran campuran yang diterapkan sekarang, Platform Alef dari Alef Education sangat cocok digunakan untuk menemani proses belajar mengajar setiap waktu. Dilengkapi konten materi video-video yang mudah dimengerti, fitur game interaktif dan bahkan guru bisa memonitoring hasil belajar siswa secara real time, Platform Alef dapat mendukung kinerja guru dan meningkatkan gairah siswa terhadap pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.

Bagikan artikel ini