Menyusun Skenario Belajar Matematika yang Asyik dan Menyenangkan dengan Platform Alef

By: Alef Indonesia 07 Oct 2022

LEARNING-LOSS

Learning Loss adalah istilah yang sering digunakan untuk mengartikan hilangnya pengetahuan atau keterampilan, atau kemunduran proses akademik karena faktor tertentu.  

“Anak-anak Indonesia mengalami learning-loss karena penutupan sekolah selama pandemi. Diperkirakan sejak penutupan sekolah di Juni 2021, anak-anak mengalami ketertinggalan hampir sekitar 0,9 tahun pembelajaran di sekolah.” (Penelitian World Bank)*

Untuk itulah Platform Alef hadir sebagai solusi untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Dengan pendekatan yang komprehensif serta terkini (up-to-date) yang bertujuan membantu mewujudkan visi misi sekolah/madrasah, meningkatkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan, serta meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan pada tingkat MTs, dan MA. Platform ALEF dapat diterapkan dalam berbagai kondisi baik pembelajaran jarak jauh, secara langsung/tatap muka, ataupun campuran (blended learning) dan bertujuan memberi ruang  kepada guru untuk mengembangkan skenario belajar dengan menggunakan Platform Alef dalam berbagai kondisi.  

  • Skenario penggunaan Alef dalam pertemuan tatap muka. 

Untuk PTM MTs/SMP yang memiliki Lab. Komputer dan atau Siswa diperboleh membawa ponsel, bisa diterapkan dengan cara

  1. Minta siswa untuk membuka akun Alef dan menonton video belajar di kartu pelajaran 
  2. Setelah menonton video belajar, guru bisa memberikan tambahan penjelasan
  3. Tugaskan siswa untuk berlatih soal dengan kegiatan bermain 
  4. Setelah siswa merasa cukup berlatih soal, tugaskan Tes Pengertianmu.
  5. Untuk yang lebih interaktif, guru dan siswa bermain in-class game
  6. Fungsikan Alef seperti sumber belajar, buku paket, atau LKS dalam bentuk digital.
  • Skenario penggunaan Alef dengan metode rotasi (station rotation)

Adalah metode pembelajaran hybrid learning yang membagi kelas menjadi tiga pos/stasiun/spot dalam satu jam tatap muka. Ketiga pos/stasiun/spot itu adalah:

  • Online Instruction
  • Teacher Led Instruction
  • Collaborative Activities and Station


Skenario di atas dapat diterapkan secara konkret dengan pengkondisian sebagai berikut:

  1. Guru membuat kelompok menggunakan fitur kelompok dengan memperhatikan jumlah gadget yang tersedia
  2. Siswa mendengarkan penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan penilaian yang akan digunakan pada materi ini
  3. Siswa mendengarkan penjelasan tentang  alur pembelajaran setiap kelompok seperti pada gambar

Adapun faktor-faktor yang bermanfaat untuk siswa-siswi dalam dinamika proses belajar-mengajar.


Kelebihan metode rotasi (STATION ROTATION) 

  • Solusi untuk madrasah dengan keterbatasan gadget
  • memudahkan siswa untuk lebih mendalami materi secara tuntas.
  • Fleksibel, kreatif dan inovatif yang berbasis internet;
  • Menghasilkan generasi yang bersaing dalam era revolusi industri 5.0 dan mengikuti perkembangan teknologi global, 
  • Tetap menjunjung tinggi pendidikan karakter.

  • Skenario penggunaan Alef dengan metode Kelas terbalik (Flipped Learning)

Flipped classroom learning adalah salah satu metode mengajar Blended Learning (Pembelajaran Campuran) di mana siswa-siswi mempelajari materi di rumah dan mengerjakan soal/tugas/proyek/ praktikum di sekolah/madrasah. Kondisi ini dapat diterapkan jika siswa-siswi memiliki akses terhadap gadget (ponsel maupun laptop) di luar sekolah/madrasah.

Berikut cara menerapkan Flipped Learning secara umum:

  1. Siswa belajar lebih dahulu di rumah sebelum sesi tatap muka sehingga lebih siap dan percaya diri saat pembelajaran di kelas.
  2. Pembelajaran berlangsung lebih efektif di kelas, guru bisa menghemat waktu dan tenaga saat tatap muka.

Dengan Alef belajar dengan metode Flipped Learning baik di rumah maupun di sekolah/madrasah menjadi lebih menyenangkan. Berikut skenarionya,

Pembelajaran di rumah

  1. Sebelum tatap muka berikutnya, guru memeriksa di menu kinerja kelas atau fitur analitik siswa-siswi yang sudah mengerjakan tugas dan nilai rata-ratanya.
  2. Guru mengumumkan nama-nama siswa yang belum mengerjakan di grup WA kelas dan tegaskan agar siswa segera mengerjakan tugasnya.
  3. Siswa-siswi mengerjakan kartu pelajaran 110 dan 112 yang dijadikan PR (untuk nomor kartu pelajaran bisa disesuaikan dengan pelajaran saat itu)

Pembelajaran di sekolah/madrasah

  1. Saat sesi tatap muka, tugaskan siswa mengerjakan kartu pelajaran yang sedang dipelajari saat itu
  2. Saat tatap muka berikutnya, guru menanyakan siswa-siswi apakah menemukan kesulitan di materi tersebut 
  3. Guru memberikan penjelasan dan latihan soal tambahan apabila diperlukan.
  4. Pada akhir sesi, tugaskan siswa-siswi untuk mengerjakan kartu lainnya sebagai PR.
  • Skenario penggunaan Alef dengan metode keterbatasan di lapangan

Pembelajaran MTs Berbasis Asrama

Dalam skenario pengaplikasian Platform Alef ini, penggunaan proyektor sangat esensial. Berikut gambarannya.

  1. Buka akun guru Alef dan tampilkan di layar.
  2. Buka kartu pelajaran pada hari itu dan putar video belajar, ajak anak-anak untuk menonton bersama-sama.
  3. Setelah selesai menonton video, tanyakan apakah siswa merasa cukup dengan penjelasan di video atau perlukah mengulang videonya atau dijelaskan lagi oleh guru.
  4. Jika siswa sudah memahami konsepnya, buka kegiatan bermain di layar.
  5. Tugaskan siswa secara bergantian maju ke depan untuk mengerjakan soal bermain di layar, siswa yang tidak maju bisa ikut menghitung dan mengecek jawaban temannya.
  6. Jika dirasa cukup berlatih, gunakan soal di tes pengertianmu untuk mengecek pemahaman siswa melalui post test.
  7. Tunjukkan soal-soal yang dikehendaki di layar dan minta siswa mengerjakan di kertas.
  8. Setelah siswa mengumpulkan, koreksi pekerjaan siswa dengan mencocokkan dengan kunci jawaban Tes Pengertianmu.

 

  • Skenario Pembelajaran untuk Madrasah yang Memiliki Fasilitas Terbatas

Skenario menggunakan laptop guru ini bisa dijalankan ketika MTs/SMP hanya memiliki Lab. Komputer terbatas dan siswa tidak diperbolehkan membawa HP, berikut ulasannya

  1. Buka kartu dan sesuaikan pelajaran hari itu  di akun Alef guru.
  2. Putarkan video belajar di laptop dan ajak siswa untuk menonton bersama-sama.
  3. Tanyakan apakah anak-anak sudah memahami penjelasannya ataukah perlu diputar ulang videonya atau dijelaskan lagi oleh guru.
  4. Jika sudah jelas materinya, buka video bermain dan minta siswa maju satu per satu ke depan untuk mengerjakan soal bermain secara bergantian.
  5. Jika dirasa sudah cukup berlatih, berikan siswa post test dengan menggunakan soal-soal yang ada di Tes Pengertianmu.
  6. Koreksi hasil pekerjaan siswa dengan mencocokkan kunci Tes Pengertianmu.

 

Jadi dengan memanfaatkan platform belajar berbasis online dari platform Alef, diharapkan utamanya para guru dapat melakukan proses mengajar yang lebih relevan, menyenangkan, efektif serta menginspirasi dimanapun dan kapanpun dengan metode-metode yang sudah dijabarkan di atas, karena Platform Alef sendiri merupakan platform yang menyediakan one stop solution atau solusi yang menyeluruh untuk  proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan aksesnya pun sangat mudah, cukup dapatkan kode akses sekolah/madrasah Anda melalui alef.co.id atau dengan menghubungi Alef Success Coach wilayah Anda.

Referensi:

https://worldbank.org/eastaiapacific/rewrite-future-how-Indonesia-can-overcome–student-learning-loses-from-the-pandemic.

https://www.worldbank.org/en/news/press-release/2021/12/06/learning-losses-from-covid-19-could-cost-this-generation-of-students-close-to-17-trillion-in-lifetime-earnings

https://www.kompasiana.com/aliva/59744c90ed967e554a023632/blended-learning-model-station-rotation#:~:text=Model%20station%20rotation%20ini%20menggabungkan,yang%20berbeda%20yaitu%2030%20menit.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Persiapan Kembali ke sekolah dengan Platform Alef

Cara Mengajar Matematika agar Tidak Terjadi Learning Loss