Cara Cepat Belajar Matematika dengan Platform Online

By: Alef Indonesia 20 Jul 2022

Tantangan Belajar Matematika dalam Masa Transisi

Kelas 7 merupakan periode yang unik bagi seorang siswa karena merupakan masa peralihan strategis dari masa sekolah dasar ke masa sekolah menengah. Mereka menjumpai lingkungan belajar dan perlakuan yang baru dan berbeda dalam berbagai hal. Lebih banyak kebebasan yang diberikan namun sekaligus lebih besar kemandirian yang diharapkan dalam hal eksplorasi pembelajaran. Semua perubahan ini membanjiri indera dan kesadaran mental para pelajar. Dalam jenjang inilah, dibutuhkan perhatian dari berbagai pihak agar dinamika yang terjadi dapat tetap dikelola dengan baik dan kondusif. Perlu menjadi perhatian kita bagaimana siswa tersebut dapat tetap memusatkan perhatian dan berprestasi, bukan semata dalam hal perolehan nilai yang tinggi atau baik (hasil), namun mencakup keberhasilan dalam menyerap materi dan pengembangan keterampilan secara optimal dan efektif.

Kebanyakan dari siswa baru menyadari relevansi dari berbagai topik matematika yang dulunya mereka jauhi atau tidak dipelajari dengan seksama, justru pada saat dimana mereka telah menempuh pendidikan atau tahapan kehidupan lebih lanjut. Dalam kondisi inilah matematika semakin relevan dan dibutuhkan namun seringkali terlambat dalam memperoleh perhatian dan minat siswa.

Permasalahan lainnya yang kerap muncul adalah pembekalan materi matematika bagi siswa yang kurang terstruktur dan seringkali dilakukan secara kurang terstruktur dan tergesa-gesa. Akibatnya banyak siswa yang mengalami kebingungan dalam pembelajaran lebih lanjut dikarenakan tidak tuntas atau bahkan belum dibahasnya sebuah topik pengetahuan dan keterampilan matematika yang dibutuhkan di tahap studi mereka saat ini. Salah satu contoh, bisa dibayangkan bagaimana sulitnya memecahkan masalah trigonometri jika siswa belum paham mengenai pemahaman tentang segitiga, perbandingan, pecahan, sudut, atau kuadran pada kartesius.

Sebagai kelanjutan dari permasalahan ini, para siswa seringkali kesulitan untuk mencari solusi setelah mereka merasa tertinggal dalam memahami suatu topik matematika. Mengulangi sebuah pembahasan tidak selalu dapat dilakukan dengan guru yang bersangkutan karena keterbatasan waktu, tuntutan kerja administratif berkaitan kurikulum dan berbagai penyebab lainnya. Mengakses bantuan lewat guru les privat dapat saja menjadi solusi, namun kendala keterbatasan waktu untuk mengulangi pelajaran yang masih juga belum dipahami tentu akan selalu ada, lagipula les privat masih merupakan masalah bagi sebagian siswa berhubung biaya ekstra yang perlu dikeluarkan untuk jasa pengajar. Jika siswa yang bersangkutan hendak mencari bantuan secara mandiri baik melalui kerabat, maupun sumber-sumber tertulis, bagaimanakah caranya untuk memastikan bahwa informasi dan pengajaran yang diterima sudah memenuhi syarat dan akurat secara keilmuan? 

Menjadikan matematika sebagai pelajaran yang dapat dipahami akan melibatkan pula pemikiran tentang bagaimana matematika dipresentasikan, didesain dan disusun sebagai serangkaian topik yang saling terkait dan menunjang satu sama lain. Alur pembelajaran yang dirancang secara seksama akan menciptakan antusiasme, rasa percaya diri dan kenyamanan dalam proses belajar siswa

Belajar Matematika Kelas 7 Lebih Cepat dengan Platform Online dari Alef Education

Perkembangan multimedia dan prasarana internet yang begitu pesat telah memudahkan terciptanya berbagai konten multimedia khususnya video bagi siswa kelas 7 untuk mempelajari berbagai topik matematika. Dan dalam bidang pendidikan matematika melalui platform online inilah Alef turut berkiprah.

Dengan pengalaman sukses membantu para tenaga pendidik maupun siswa di berbagai negara, platform Alef hadir menyediakan dan memberikan layanan pendidikan melalui beragam konten materi pelajaran matematika bagi siswa kelas 7 SMP/MTs. Platform Alef didesain sedemikian rupa untuk memudahkan pendidikan dan para siswa untuk mencari, mengakses dan mengevaluasi setiap proses mulai dari pelaksanaan pembelajaran dengan materi yang saling menunjang serta berkesinambungan, dan kemudian membahas, melanjutkan, hingga menuntaskan bagian-bagian topik pelajaran matematika kelas 7 untuk memenuhi target pembelajaran sebagaimana digariskan oleh sejumlah standar seperti arah dasar dari pemerintah atau pun kurikulum sekolah. Mengingat keunggulan dari platform online yang interaktif ini, setiap pengguna layanan platform Alef dapat mengakses setiap materi baik secara berurut maupun jika ingin mengulang topik-topik tertentu secara fleksibel sehingga diperoleh pemahaman dan penguasaan materi yang optimal. 

Platform Alef didesain dengan mengedepankan optimasi dalam pembelajaran melalui pengalaman indera secara holistik. Selain presentasinya yang ringan, singkat, padat dan jelas, video pelajaran matematika dari platform Alef juga didesain sedemikian rupa sehingga selain penjelasan secara audio maupun teks, siswa dapat pula membayangkan kondisi atau ilustrasi matematis dari materi atau contoh kasus yang sedang diketengahkan.

Dengan memanfaatkan platform online pelajaran matematika yakni platform Alef, diharapkan para peserta didik utamanya para siswa kelas 7 dan 8 dapat menavigasi perjalanan studi mereka yang sarat transisi tersebut dalam sebuah platform dan ekosistem yang menyediakan one stop solution atau solusi yang menyeluruh sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih relevan, menyenangkan, efektif dan menginspirasi. Untuk mendapatkan aksesnya pun sangat mudah, cukup dapatkan kode akses sekolah/ madrasah Anda melalui alef.co.id atau dengan menghubungi Alef Success Coach wilayah Anda.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Video & Contoh Soal Kuis Matematika: Menghitung Luas Bangun Datar 

Yuk Pelajari Perbedaan Bunga, Keuntungan, dan Netto

5 Tips Belajar Matematika Untuk Memaksimalkan AKM Siswa