Yuk Simak Penjelasan Apa yang Dimaksud dengan Diagram Untuk Siswa Matematika Kelas 7

By: Alef Indonesia 18 Nov 2022

Pernahkah kamu melihat suatu grafik yang menunjukkan beberapa perbandingan data atau informasi tertentu? Yap itulah diagram. Untuk mewakili atau merepresentasikan sebuah informasi secara simbolis, para informan (orang yang menginformasikan suatu data) menggunakan diagram. Representasi tersebut biasanya dalam bentuk geometri 2 dimensi sesuai teknik visualisasinya. Ada juga teknik yang dipakai memanfaatkan visualisasi tiga dimensi yang kemudian diproyeksikan ke permukaan dua dimensi. Kata grafik dan bagan biasa dipakai sebagai sinonim kata diagram.

Diagram diartikan sebagai suatu bentuk visual dari penyajian informasi. Penyajian informasi tersebut dapat berupa data, petunjuk, dan hasil rekapitulasi. Beberapa bentuk diagram antara lain: piktogram, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, diagram venn, dan diagram alir. Dengan penyajian diagram, penyampaian informasi berupa data-data yang disederhanakan dapat dengan mudah dipahami pembaca. Selain menyajikan data, diagram dapat digunakan untuk menyajikan suatu cara, prosedur, atau pun algoritma tertentu dalam pemrograman (informatika). Apa saja perbedaan penyajian dari diagram-diagram tersebut? Mari kita simak beberapa contoh diagram berikut.

 

Piktogram

Piktogram sering disebut juga sebagai diagram gambar yang representasi datanya menggunakan simbol atau gambar. Jika diagram batang menggunakan kolom untuk menunjukkan suatu data, maka diagram gambar menggunakan gambar-gambar untuk menyimbolkan suatu data. Gambar yang yang digunakan mewakili sejumlah objek pada data yang disajikan. Kita perlu mengemas data-data tersebut supaya informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Penyajian data dengan piktogram memang agak jarang digunakan. Oleh karena cara penyajian gambarnya yang kurang dapat mewakili secara keseluruhan. Misalnya gambar orang yang setengahnya saja untuk mewakili 10 orang. Apalagi jika menggambarkan jumlah sepertiga atau seperempat dari jumlah yang bisa diwakilkan dengan gambar tersebut. 

(sumber: https://www.mikirbae.com/2016/06/menyajikan-data-dalam-bentuk-piktogram.html)

 

Simak contoh berikut. Untuk meramaikan acara akhir tahun, Sekolah Abdi Nusantara menyelenggarakan kejuaraan olahraga. Ada 3 cabang olahraga yang dilombakan yaitu sepeda, renang dan tenis. 

Jika satu cabang olahraga mewakili 5 peserta, sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram

Jika satu cabang olahraga mewakili 5 peserta, sajikan data tersebut dalam bentuk piktogram

= 5 Peserta

Mari kita berlatih membaca piktogram dari jumlah mobil yang terjual dari tahun 2011-2015 pada perusahaan USAHA MAJU        

Jadi berapa jumlah mobil  di tahun 2012 ? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Diagram Batang

Salah satu jenis diagram yang menyajikan data dalam bentuk bar atau persegi panjang. Panjang pendeknya bar dalam diagram batang mewakili nilai atau data tertentu. Diagram batang seringkali digunakan untuk mengetahui perkembangan nilai dari suatu data dalam beberapa klasifikasi. Berikut merupakan contoh diagram batang.

Mari kita berlatih membaca dan menyajikan diagram batang dari kasus soal dari sekolah “ASYIK BELAJAR.”

Berikut langkah-langkahnya:

Kemudian bagaimana kalau ada 2 diagram batang ? Simak soal berikut ini.

Dengan melihat perbandingan dua diagram batang di atas, kesimpulannya adalah:

Diagram Garis

Diagram garis menampilkan data berupa garis penghubung titik-titik yang memiliki nilai tertentu. Penyajian diagram garis berfungsi layaknya diagram batang yakni menyajikan data dalam kurun waktu atau klasifikasi tertentu. Sumbu mendatar dalam diagram garis menunjukkan waktu dan garis tegak menunjukkan nilai atau data yang dianalisa. Berikut merupakan contoh diagram garis.

Mari kita berlatih lagi membaca dan menyajikan diagram garis dari kasus soal dari sekolah “ASYIK BELAJAR.”

Berikut langkah-langkahnya membuatnya:



Diagram Lingkaran

Merupakan diagram yang menyajikan nilai atau data dalam bentuk lingkaran. Data yang disajikan dibagi dalam beberapa potong bagian yang menunjukan suatu nilai. Simak diagram lingkaran berikut ini.

 

Kali ini mari kita berlatih membaca dan menyajikan diagram lingkaran dari kasus soal dari sekolah “ASYIK BELAJAR.”

Berikut langkah-langkahnya:

Diagram Venn

Merupakan jenis diagram yang menyajikan data pada suatu himpunan dengan menampilkan hubungan atau korelasi antar himpunan tersebut sesuai dengan klasifikasi kelompok. Diagram venn memudahkan pembacanya untuk memahami suatu data yang tergabung antar himpunan, berikut contoh diagram venn.

Diagram Alir

Diagram alir digunakan untuk menyajikan suatu informasi berupa prosedur atau suatu algoritma. Informasi dalam diagram alir dapat berupa langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Berikut contoh diagram alir dalam proses penggantian lampu.

Kesimpulan

Diagram merupakan cara seseorang menyampaikan sebuah informasi, data, nilai, petunjuk/prosedur dalam bentuk visual atau pun grafis tertentu yang bertujuan meringkas  informasi tadi agar mudah dipahami oleh pembacanya. Umumnya diagram dimanfaatkan dalam bidang statistika dan informatika.

Macam-macam diagram diantaranya adalah piktogram, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, diagram venn, dan diagram alir. Diagram-diagram tersebut dapat digunakan sesuai dengan jenis data/informasi yang ingin disampaikan. 

Setelah membaca penjelasan diatas diharapkan kamu menjadi lebih mengerti mengenai pelajaran dan konsep menggunakan diagram gambar. Untuk itu juga kamu harus banyak latihan soal. Dengan memanfaatkan platform belajar dari Platform Alef, kamu bisa banyak latihan soal yang disertai video penjelasan seperti contoh di atas. Soal sesulit apa pun jadi terasa mudah karena Platform Alef menggunakan metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Tertarik? Kamu bisa kok bergabung dengan Platform Alef dari Alef Education dengan cara ajak gurumu untuk mendaftarkan kelasmu di halaman idn.alefed.com, bagi yang gurunya belum memiliki kode akses bisa meminta kode akses di halaman alef.co.id atau dengan menghubungi Alef Success Coach di wilayahmu sekarang juga.

Bagikan artikel ini

BACA ARTIKEL LAINNYA

Siap Kembali Belajar Matematika dengan Platform Alef

Penjelasan dan Contoh Soal Himpunan Semesta dan Himpunan Kosong

Materi Diagram Serta Penyajiannya Untuk Kelas 7 MTs/SMP